Resensi dan Lomba Berhadiah Buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat

Betapa banyak orangtua yang ingin memiliki anak berprestasi, tapi tidak tahu caranya. Yang mereka lakukan semata meniru pola pendidikan kedua orangtuanya. Padahal selain pola pendidikan untuk setiap zaman berbeda, tantangan zaman setiap anak juga berbeda.

Generasi kekinian yang begitu akrab dengan teknologi, tentu akan sangat berbeda dengan orangtuanya yang tumbuh besar di zaman di mana komputer dan laptop adalah barang mewah. Lalu, bagaimana caranya mendidik anak di era sekarang? Inilah yang akan dibahas dalam buku “Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat” karya Viki Mukadar.

Sebagai seorang illustrator, Viki Mukadar melalui masa sekolahnya dengan pertanyaan dari para guru, “Gambar terus, gambar terus!! Kalau sudah besar kamu mau jadi apa?” karena itulah, Viki yang sekarang juga menyeriusi dunia pendidikan dan penulisan buku anak dan remaja, mencoba memberikan sudut pandang lain kepada para orangtua, tentang definisi anak hebat dan berbakat.

Apa Saja Isi Buku Ini? resensi-buku-anak-hebat

Buku dibuka dengan Bab Pertama bertema “Buah Hatiku”. Pembaca akan diberi gambaran tentang dunia remaja dan anak-anak kontemporer, beserta problematikanya. Gambaran ini nantinya akan berguna bagi para orangtua untuk memiliki sebuah visi terhadap anak-anaknya. Anak seperti apa yang akan mereka bentuk?

Bab pertama ini diakhiri dengan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh penulis, yang dapat digunakan oleh pembaca untuk lebih memantapkan visi pendidikan mereka. Pertanyaan yang diajukan meminta pendapat pembaca seputar manfaat pendidikan bagi anak, tolok ukur kesuksesan anak, serta target orangtua menjadikan anak-anaknya mampu hidup mandiri.

Setelah pembaca memiliki visi pendidikan bagi anak-anaknya, pada Bab Kedua yang bertema “Anak Bermasalah vs Anak Hebat” penulis ingin membangun paradigma pembaca bahwa; semua anak, bahkan yang dianggap bermasalah pun dapat menjadi anak hebat.

Semua anak, bahkan yang dianggap bermasalah pun dapat menjadi anak hebat

Bab ini dibuka dengan sebuah kalimat menarik dari penulis; anak bermasalah umumnya anak yang cerdas, selalu mencari jawaban akan hal-hal yang tidak dia ketahui, tetapi tidak banyak orang yang mengerti mereka. Akhirnya mereka berulah dan membuat masalah untuk mendapatkan perhatian.

Dalam bab kedua ini, penulis berusaha menajamkan kembali visi para pembaca, anak seperti apa yang mereka ingin ‘ciptakan’. Beberapa contoh kasus disampaikan oleh penulis, beserta analisa hal-hal apa yang melatarbelakangi seorang anak menjadi bermasalah.

Di akhir bab, penulis menutup dengan menjelaskan ciri-ciri anak bermasalah dan anak hebat, serta menjelaskan target-target yang dapat dijadikan acuan orangtua sebagai tahapan membentuk anak hebat.

Bab Ketiga membahas “Faktor Penyebab Anak Menjadi Manja dan Bermasalah” di mana penyebab yang melatarbelakangi seorang anak menjadi bermasalah, dibahas lebih dalam. Pembaca diajak untuk bisa mengidentifikasi penyebab, agar dapat menentukan penanganan yang pas.

Nah, penanganan yang pas itulah yang mulai dibahas sejak Bab Keempat, “Pola Pendidikan Anak”. Di bab inilah segala ‘rahasia’ membentuk sosok anak hebat dijabarkan dengan lugas. Pola pendidikan yang diterapkan penulis dalam bab ini, bukanlah pendidikan yang membentuk anak menjadi hebat dalam matematika, atau hebat dalam bahasa inggris, atau hebat dalam pelajaran sekolah, serta kehebatan versi ‘lama’ lainnya. Namun kehebatan yang dibentuk, adalah kehebatan yang mampu mengoptimalkan potensi setiap anak yang berbeda satu dengan lainnya.

Ada 5 prinsip pola pendidikan anak yang ditawarkan oleh penulis:

  1. Memetakan potensi anak terlebih dahulu
  2. Melakukan pendekatan dan menyamakan frekuensi dengan anak
  3. Membangun motivasi belajar anak
  4. Membangun fokus belajar anak
  5. Menerapkan metode belajar membangun kecerdasan utama
Klik ini dong:  Tips Merawat Buku Supaya Tahan Sepanjang Masa

Kelimanya adalah sebuah kesatuan proses, tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Dalam prosesnya, penulis mengajak pembaca untuk menghargai setiap potensi anak, apapun itu. Jangan memaksakan anak untuk bisa segala hal, atau berprestasi di hal yang bukan minat atau keahliannya. Orangtua harus bisa menjadi teman dan motivator belajar anak, tidak hanya di sekolah, tapi juga belajar dari nilai-nilai kehidupan dan keseharian.

Bila bab keempat membahas teori, pada Bab Kelima, penulis menjelaskan contoh praktik yang pernah dijalankannya dalam membentuk anak hebat. Bab “Penanganan Kasus Anak” ini merupakan kumpulan kisah dan pengalaman penulis dalam menangani anak bermasalah dan mengubahnya menjadi anak hebat.

Bagi pembaca yang masih merasa belum cukup, penulis menambahkan “Kumpulan Tanya Jawab” seputar pola pendidikan anak pada Bab Keenam.

pendidikan-anak-hebat

Judul Buku: Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat | Penulis: Viki Mukadar | Penerbit: X Kanopi Media, cetakan pertama, 1 Mei 2016 | Tebal: 197 halaman

Apa yang Membuat Buku Ini Layak Kamu Miliki?

Mendidik anak adalah tugas kedua orangtua, suami dan istri, ayah dan ibu. Namun sayangnya masih banyak suami/ayah yang cuek terhadap pendidikan anaknya. Pokoknya sudah memberi nafkah, beres. Urusan pendidikan biarlah diurus istrinya atau diserahkan ke sekolah.

Padahal banyak anak yang tumbuh dan berkembang secara tidak seimbang, karena kurang mendapatkan kasih sayang dan pendidikan langsung dari ayahnya.

Nah, berbeda dengan kebanyakan buku parenting lain, buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat ini didesain dengan banyak gambar ilustrasi menarik. Seakan tahu bahwa banyak ayah masa kini yang lebih suka membaca komik daripada buku, Viki Mukadar yang juga seorang ilustrator seperti sengaja mendesain buku ini untuk mengajak, “Ayah, baca aku juga dong!”

cara-mendidik-anak-hebat

Selain itu, pembahasan studi kasus yang juga merupakan pengalaman langsung penulis dalam menangani anak bermasalah dapat menjadi panduan para orangtua untuk mengikuti langkah yang sama. Tidak hanya berteori, buku ini juga menyediakan praktiknya.

Tertarik untuk memiliki buku ini? Kabar baiknya…Omali punya 2 buku ini gratis buat dibagi-bagi. Kagak usah beli pokoknya!

Mau?

Caranya gampang kok, cukup lakukan 5 hal berikut:

  1. Buat artikel di blog kamu dengan tema “Anak Hebat Itu Seperti Apa Sih?”
  2. Sertakan link dalam artikel ke:
  1. Share artikel kamu ke medsos, boleh pilih salah satu antara facebook, twitter atau instagram
  2. Bila sudah, isikan format berikut di kolom komentar:
  • Nama:
  • Link artikel:
  • Link share medsos:
  1. Deadline adalah Hari Jumat tanggal 7 April 2017, pukul 13.30

Gampang kan?

Kalau ada yang mau ditanyakan, langsung aja komen ya. Hadiahnya cuma buat 2 pemenang, jadi nanti keputusan Omali tidak dapat diganggu gugat. Tapi kalo digugat Raisa, masih boleh deh, hihihi.

Selamat berjuang…!

Keluarga Power Ranger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *