Trik Cermat Merawat Baju Batik Agar Tetap Awet dan Terlihat Baru

Setiap orang pasti memiliki minimal satu buah baju batik, entah itu untuk pergi ke kantor atau untuk acara resmi lainnya. Kain batik kini tidak hanya digunakan untuk acara resmi saja dan berpotongan kaku. Bisa dilihat contohnya yaitu, baju batik wanita meskipun dari sebentang kain, kain batik ini bisa dijadikan berbagai model baju batik wanita seperti gamis, blazer, rok, atasan, bahkan kini sudah bisa anda temui hijab dengan motif batik.

Kain batik ini banyak jenisnya, ada yang dari katun hingga sutra dan tentunya bisa dijadikan baju batik wanita sesuai yang anda inginkan. Nah, perlu anda ketahui bahwa pembuatan batik itu ada berbagai macam, ada batik yang cara pengerjaannya manual seperti batik tulis, batik cap, printing dan lain sebagainya. Beda metode pengerjaan tentunya beda juga harga dan cara perawatannya.

Cara Mencuci Baju Batik Wanita
batikbumi.net

Tidak seperti bahan kain biasa dan baju-baju biasan lainnya ya, batik perlu dirawat sedemikian rupa agar warna dari baju batik tersebut tetap sama seperti pertama anda membelinya dulu. Berikut adalah cara mencuci baju batik tulis agar awet dan tahan lama yang bisa anda ikuti:

  1. Sebelum dicuci sebaiknya rendam batik tulis Anda terlebih dahulu dengan air dingin atau air biasa saja dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. selama kurang lebih 10 – 15 menit. Jangan juga terlalu lama karena dapat merusak serat kain dan warnanya.
  2. Kemudian posisikan mesin cuci Anda pada mode hand wash tapi sebelumnya ganti terlebih dahulu air bekas rendaman tadi ya.
  3. Setelah itu masukkan detergen cair dengan formula atau bahan yang lembut dan tidak akan merusak warna alami baju batik Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tidak menggunakan detergen bubuk ataupun detergen yang mengandung bahan keras seperti amonia yang tak hanya dapat merusak warna baju batik Anda tapi juga serat kain. Jangan campur juga pencucian kain atau baju batik anda dengan baju lainnya terutama baju berwarna putih.
  4. Cuci selama kurang lebih maksimal 15 menit saja, jangan terlalu lama memutar mesin cuci Anda karena tidak baik untuk serat kain batik Anda. Selain itu tidak baik juga untuk warna kain batik yang anda miliki.
  5. Proses membilasnya juga tidak boleh lama-lama dan hanya cukup dilakukan sebanyak satu kali saja untuk menjaga warna agar tidak pudar. Atau gunakanlah pelembut pakaian sekali bilas, selain hemat waktu itu juga bisa membuat proses pencucian jadi tidak terlalu keras untuk kain batik anda.
  6. Sebaiknya jangan menggunakan mesin pengering pada mesin cuci Anda tapi kalau terpaksa juga janganterlalu lama mendiamkannya di mesin pengering agar tekstur kain tidak rusak.
  7. Jangan jemur di panas yang langsung menerpa pada kain baju, baiknya jemur di tempat yang teduh.

Baju Batik Wanita

Berhati-hati juga ya, anda jangan mencuci baju batik di laundry kiloan karena proses pencuciannya kadang tidak terlalu benar dan bisa saja malah merusak baju batik yang anda miliki tersebut. Itulah tujuh tips yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat. Pastikan anda mengikuti ketujuh tips itu ya jika ingin baju batik yang anda miliki ini bertahan lama baik dari segi kekuatan serat maupun juga dari warna baju batik tersebut.

Klik ini dong:  8 Tempat Wisata Alam di Jogja Ini Jadi Setting Film Romantis, Lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.