Mitos Mandi yang Entah dari Mana Datangnya

Mandi adalah hal rutin yang biasanya dilakukan oleh semua orang pada pagi hari dan sore atau malam hari untuk menjaga kebersihan dan menyegarkan tubuh yang letih karena seharian bekerja.

Pernahkah kamu mandi di malam hari menggunakan air hangat? Mungkin pertanyaan ini cukup aneh buat kamu yang kerjanya hingga larut malam, katakanlah jam 8 atau mungkin jam 10 malam.

Meskipun aneh, tapi itulah yang akan kita bahas kali ini. Yaitu tentang mitos dan fakta mandi malam yang entah dari siapa datangnya. Kamu bisa percaya atau mungkin abaikan saja tulisan ini, tapi setidaknya kamu harus tau dulu.

Yang namanya orang Indonesia tentu sangat erat kaitannya dengan yang namanya mitos. Iya mitos. Emmm, kamu ngga boleh gini ntar anu, ntar itu dan bla, bla, bla. Bahkan mandi pun sampai ada mitosnya. Contohnya kayak gini.

MITOS: Kulit kesat setelah mandi, berarti mandinya bersih

Sebagian besar masyarakat Indonesia meyakini hal itu (Atau mungkin kamu juga termasuk salah satunya). Yang namanya kulit bersih itu adalah kulit yang mempunyai kelembaban alami. Yaitu kulit yang lembut, tidak kesat atau kering dan tidak licin alias kumus-kumus.

Ngetes Istri
funnycatside.com

FAKTANYA: Kulit kesat disebabkan oleh PH pada sabun yang kita pakai

Keadaan kulit kesat setelah mandi itu disebabkan oleh sabun yang kamu pakai ketika mandi. Kandungan PH sabun yang bersifat basa justru akan merusak protein dan lipih yang ada di bagian kulit luar. Itulah yang menyebabkan kenapa kulit kesat atau kering yang sejatinya malah bahaya, bukannya bersih.

MITOS: Rutin mandi dengan air hangat baik untuk menjaga kesehatan

Mungkin hal ini sering kita lakukan ketika mandi di malam hari. Wajar saja karena air nya dingin tapi badan sudah terasa lengket, jadi mau tidak mau harus mandi, dan solusinya adalah pakai air hangat. Mengenai mitos di atas tak sepenuhnya benar.

FAKTANYA: Mandi dengan air hangat itu baik untuk kesehatan, tapi bukan dilakukan secara rutin.

Mandi dengan air hangat secara rutin bisa menyebabkan air yang ada di pori-pori kulit menguap dan mengakibatkan kulit menjadi kering. Selain itu, khususnya kamu para pria jangan sering-sering mandi air hangat. Karena baru-baru ini dunia medis menyatakan kalau mandi air hangat secara rutin bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhan sperma.

Klik ini dong:  Menikmati Destinasi Wisata Lembang yang Begitu Menawan

MITOS: Mandi malam hari bisa timbulkan berbagai macam penyakit

Buat kamu yang biasa pulang kerja hingga larut malam, tentu hal samacam ini sudah biasa. Tapi apakah benar, mandi malam bisa timbulkan berbagai macam penyakit?

FAKTANYA: Belum ada bukti empiris dari dunia medis mengenai mandi malam timbulkan banyak penyakit.

Jika kamu mandi malam dengan air dingin kemudian timbul kaku otot atau kram, itulah adalah yang lumrah dan jangan khawatir. Udara malam yang dingin bercampur dengan dinginnya suhu air tentu akan membuat tubuh kita kedinginan. Namun ini hanya sesaat dan tidak akan menimbulkan penyakit seperti nyeri punggung, rematik atau gangguan penyakit lainnya yang selama ini masyarakat percaya.

MITOS: Mandi setelah bagadang bisa sebabkan kematian

Wow, mitos yang satu ini serem banget yak. Lah gimana jadinya kalau habis begadang anuan terus harus mandi wajib / junub, kan bisa repot kalau kayak gitu. Orang Indonesia memang paling gokil kalau urusan mitos.

Mitos Mandi Malam Hari
reece.com.au

FAKTANYA: Tidak ada bukti empiris mengenai mitos menyeramkan itu.

Dikutip dari Dr. OZ Indonesia tidak ada hubungannya sama sekali antara mandi setelah begadang bisa sebabkan kematian. Jikalau ada kasus seperti itu hanya kebetulan saja. Tapi ada baiknya kamu hindari yang namanya begadang, karena begadang itu tidak bagus buat kesehatan. Masa perlu dipanggilin haji Rhoma dulu biar tau.

Ok, mungkin itu saja, kalau ada yang lain silahkan tambahkan di kolom komentar. Ingat, jangan sering-sering mandi, nanti boros air, soalnya bayar PDAM mahal.

Ngomong-ngomong, di sini saya cuma tamu yang kebetulan ingin nulis dan Alhamdulillah diizinin sama yang punya. Kalau tulisannya kurang enak mohon maklum, soalnya lupa dibumbuin. Kalau mau lebih banyak baca tulisan saya yang ngga enak, kamu bisa datang ke sini atau ke sini.

-ditulis oleh Moh Marzuqi, spesial untuk enOmali-

2 thoughts on “Mitos Mandi yang Entah dari Mana Datangnya

    • June 28, 2016 at 09:30
      Permalink

      Gak papa kok mbak, belum terbukti secara medis kalo rematik disebabkan itu. Cuma ya jangan sering2, hehehe.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *