Begini 5 Cara Omali Mendapatkan Uang Dari Blog

Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan ini, tentang tema cara menghasilkan uang secara online. Sejak saya kenalan dengan Multiply sekitar tahun 2008, boleh dikatakan saya jadi ketagihan ngeblog. Walaupun ketagihan ngeblog, tapi apa daya tulisan-tulisan saya sebelum tahun 2012 lebih banyak gak jelasnya. Saking gak jelas itu tulisan, kadang kalau saya baca lagi sekarang, saya sendiri bisa gak ngerti apa maksud tulisan tersebut, hahaha. Boro-boro mendapatkan uang dari ngeblog, yang ada malah saya dituduh gila sama atasan di kantor. Akibatnya, sejak tahun 2012 itulah saya memutuskan tidak mau lagi memakai atasan, selama masih memakai bawahan, aman lah (ini apa sih maksudnya??).

Barulah sejak tahun 2014, saya memutuskan untuk serius berupaya menghasilkan uang secara online, tidak hanya dari blog, tapi juga dari medsos dan segala bentuk sarana online yang lain. Sedikit demi sedikit saya mulai belajar internet marketing, belajar SEO, belajar copywriting, serta hal-hal penting lain terkait peluang mendapatkan uang dari internet.

Dulu, ketika awal ingin menuliskan tentang hal ini, saya selalu ragu-ragu. Sebabnya tak lain dan tak bukan, karena aktivitas “bekerja online” saya belum menghasilkan uang. Mosok saya mau bagi ilmu menghasilkan uang, kalau sayanya sendiri belum berhasil memraktikkan ilmu tersebut? Terus sekarang sudah berhasil? Alhamdulillah sudah. Walaupun angka yang saya hasilkan mungkin tidak akan saya sebut, demi menghindari para pemburu traktiran (hehehe), tapi saya akan coba berbagi pengalaman, yang mudah-mudahan bisa membantu banyak orang untuk juga menghasilkan uang lewat internet.

Secara garis besar yang saya tahu dan telah jalani, ada 5 cara untuk mendapatkan uang dari internet, inilah kelima cara tersebut:

1. Menjual Barang dan/atau Jasa

Mungkin tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan Bukalapak dan Tokopedia. Ya, keduanya adalah situs e-commerce lokal yang berupaya menyediakan pasar bagi para pedagang untuk berjualan online. Sebelum keduanya sudah pernah ada Tokobagus dan Berniaga yang kemudian merger menjadi OLX. Selain mereka, juga ada Elevenia, Blibli, Mataharimall dan situs-situs e-commerce lainnya.

cara mendapatkan uang dari facebook
majalatouki.com

Dalam hal jasa, banyak juga e-commerce lokal yang menyediakan pasar bagi para penyedia jasa untuk menawarkan jasanya. Sebut saja misalnya, sejasa.com. Situs yang merupakan salah satu marketplace jasa terbesar di Indonesia ini, menyediakan pasar yang mempertemukan antara pihak yang membutuhkan jasa dengan para penyedia jasa secara online. Dari jasa kontraktor, les privat, video shooting, service AC bahkan renovasi rumah tersedia di sejasa.com. Tapi jangan pernah mencari jasa esek-esek di sana ya, karena tidak akan kamu temukan, udah saya cari kemarin gak ada. #eh

Dengan banyaknya situs e-commerce tersebut, kamu dapat menggunakannya untuk menjual produk barang atau jasa dan mendapatkan penghasilan. Atau bila tidak punya produk, kamu dapat menjadi reseller dari produk yang sudah ada.

Kelebihan berjualan melalui e-commerce dibanding menggunakan blog pribadi, tentunya kamu tidak perlu lagi memusingkan pengunjung, karena pihak pengelola situs yang akan mendatangkan pengunjung kepada para pemilik lapak. Namun jika mengingat persaingan yang juga tinggi (karena banyaknya pelapak lain di situs tersebut), kamu mungkin akan mempertimbangkan berjualan di blog sendiri.

Selain berjualan di situs e-commerce atau blog pribadi, kamu juga bisa lho, berjualan lewat sosmed. Facebook, twitter dan instagram adalah yang paling sering digunakan untuk berjualan. Membuat akunnya mudah dan gratis, setelah itu tinggal pelajari saja trik-trik menggunakannya. Yang penting jangan berlebihan, keterlaluan sok akrab, atau sembarangan nimbrung di status orang lain tanpa permisi.

2. Mengisi Survey

Mengisi survey secara online dan dibayar, kenapa tidak? Mungkin masih banyak di antara kamu yang belum tahu, bahwa banyak situs-situs survey online yang memberikan honor kepada pihak yang disurvey, salah satu yang saya rekomendasikan adalah YouGov.

Kenapa YouGov? Dari beberapa situs survey online yang saya ikuti, YouGov menurut saya lebih simple surveynya dan hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja. Sedangkan yang lain, ada yang memakan waktu sampai 15-30 menit saking banyaknya pertanyaan survey yang diajukan.

cara mendapatkan uang dari instagram
bestlifetimeincome.com

Kalau kamu mau mencoba situs-situs survey selain YouGov, bisa digoogling kok. Cuma pesan saya, pilih lembaga survey yang menyediakan survey berbahasa Indonesia, karena pertanyaan-pertanyaannya pun akan lebih meng-Indonesia dan proses pencairan akan lebih mudah nantinya. Lagian kalau pertanyaannya dalam bahasa Inggris atau bahasa Venezuela, yakin kamu bisa jawab?

Klik ini dong:  Panduan Penggunaan Raket Nyamuk dan Tips Memilih yang Tepat

3. Mengikuti Lomba

Kalau yang ini sudah saya terapkan bahkan sejak saya masih aktif di Multiply. Sangat banyak lomba-lomba yang diadakan secara online dan berhadiah cukup wah. Bahkan ada sebagian blogger yang memang mengkhususkan dirinya sebagai “pemburu hadiah” dan mengikuti banyak lomba setiap hari. Dari situlah para blogger “pemburu hadiah” tersebut mencari nafkah.

Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet
detakbisnis.com

Serunya lagi, lomba-lomba tersebut tidak hanya merupakan lomba blog, tapi ada juga lomba sosmed. Jadi kalau kamu belum punya blog atau merasa tidak pandai menulis artikel, kamu bisa ikut lomba-lomba untuk pengguna sosmed.

Hadiah-hadiah yang dilombakan beragam, ada barang dan ada uang. Saya pernah beberapa kali menang lomba dan mendapat buku, kaos, DVD, handuk, boneka, juga uang. Apabila kamu ikut lomba dan tidak menang, jangan langsung patah arang, apalagi sampai bunuh diri. Pelajari para pemenang, bagaimana mereka menulis, bagaimana konten yang mereka buat, dari situ kamu bisa meningkatkan kemampuan untuk memenangkan berbagai lomba internet berikutnya.

4. Memasang Iklan

Kamu punya banyak follower twitter dan instagram? Atau memiliki kontak facebook ribuan? Atau bahkan fanpage dengan jumlah like puluhan ribu? Atau youtube kamu memiliki sangat banyak subscribers? Atau blog yang kamu kelola memiliki trafik pengunjung yang tinggi? Cobalah tawarkan pemasangan iklan pada akun-akun yang kamu miliki tersebut.

Banyak seleb dunia maya, salah satunya Ria Ricis, yang mampu memanfaatkan akun medsosnya untuk menghasilkan uang dengan cara seperti itu. Iklan-iklan yang ditampilkan tidak harus melulu dalam bentuk gambar, tapi bisa juga dengan twit-twit atau status yang memromosikan produk pihak pengiklan.

Ria Ricis Menghasilkan Uang dari Instagram
arah.com

Bila kamu sudah pede untuk menawarkan iklan, kamu dapat mencontoh penawaran-penawaran yang bisa kamu temukan lewat googling. Atau kamu bisa juga melihat penawaran iklan di salah satu situs yang saya kelola, alabn.com.

Selain itu, salah satu cara pemasangan iklan dalam akun yang sudah cukup populer, adalah dengan placement. Placement atau content placement umumnya berupa artikel yang sudah dibuatkan oleh pemasang iklan, untuk diposting dalam blog yang dimiliki pengiklan. Bedanya dengan iklan biasa adalah, kalau iklan biasa seringnya memiliki jangka waktu pemasangan, sedang untuk placement, karena berupa artikel, lebih jangka panjang. Walau bersifat jangka panjang, blogger hanya mendapat bayaran sekali saja untuk placement.

5. Adsense

Cara terakhir ini paling fenomenal, karena sudah banyak yang sukses dan menjadi jutawan dengan cara ini, walau banyak juga yang bangkrut, hehehe. Adsense adalah slot iklan yang dipasang dalam blog kita, di mana nantinya iklan tersebut akan diisi oleh pengelola adsense dengan iklan dari para pengiklan (bingung ga?). Pihak pemilik blog akan dibayar per klik atau per sekian kali iklan tersebut tampil.

Dengan adsense, kamu diibaratkan memiliki sebuah rumah di pinggir jalan yang temboknya dipasangi iklan (biasanya iklan telekomunikasi). Hanya saja transaksi pemasangan iklan tersebut tidak terjadi antara pemilik rumah dengan pengiklan, namun antara pemilik rumah dengan perusahaan periklanan dan antara perusahaan periklanan dengan pengiklan. Dalam adsense, perusahaan periklanan tersebut adalah google dan kawan-kawan.

Saya katakan “dan kawan-kawan”, karena memang google bukan satu-satunya penyedia adsense. Selain google dan youtube, masih ada wordpress dan propeller. Dan selain keempatnya masih banyak yang lain.

Untuk bisa sukses dalam adsense, kamu harus belajar jurus-jurus SEO (search engine optimization). Karena salah satu faktor utama kesuksesan adsense adalah trafik, maka SEO inilah hal yang dapat membuat trafik blog kamu meningkat secara konstan. Jadi kalau kamu berminat dengan cara yang ini, pelajarilah ilmu SEO mulai sekarang. Atau kamu mau belajar gratis langsung dari ahlinya? Kamu bisa join Pesantren Sintesa.

Cara Omali Mendapatkan Uang Online

Itulah 5 cara menghasilkan uang yang telah saya coba dan walau belum berhasil membuat saya kaya, minimal saya pernah mendapatkan uang dari kelimanya, hehehe. Maklum masih newbie belajar internet marketing. Semoga bermanfaat yah. Dan kalau kamu merasa masih ada lagi selain 5 cara di atas, tolong sampaikan di kolom komentar, biar saya bisa ikutan mencoba.

14 thoughts on “Begini 5 Cara Omali Mendapatkan Uang Dari Blog

  • August 2, 2016 at 09:21
    Permalink

    salut sama gurunda… itu yang yougov beneran dapat uang ga om? ane kok ga ada hasil ya…

    Reply
    • August 2, 2016 at 10:33
      Permalink

      Harus mencapai target tertentu dulu untuk bisa cair kas, sama kayak adsense lah. Jadi gak dibayar langsung per survey.

      Reply
    • August 2, 2016 at 13:32
      Permalink

      Ane pernah di id.ipanelonline.com, ada poin yg bisa ditukarkan dengan nilai uang tertentu. Tp uang 20rb aja musti ratusan/ribuan poin, wkwk.

      Reply
      • August 2, 2016 at 14:10
        Permalink

        Itu mungkin sama kayak ngebandingin google ads dengan propeller ads kali ya yant? Hahaha.

        Yang YouGov itu kalo pengalaman ane, 1 poinnya setara 5 rupiah. Yang lebih gede dari YouGov juga masih ada kok.

        Reply
  • August 2, 2016 at 13:45
    Permalink

    Wah pengin nyoba tuh yang ikut survey, makasih infonya Omali.

    Reply
    • August 2, 2016 at 14:11
      Permalink

      Masama wan, mudah2an bermanfaat

      Reply
  • September 28, 2016 at 23:38
    Permalink

    Kalau saya sekarang fokus di terima job-job review aja, dulu sempat punya akun adsense namun pendapatannya kecil banget. 🙂

    Reply
    • October 19, 2016 at 13:09
      Permalink

      Job-job review untuk jangka pendek memang menggiurkan, tapi kalo untuk jangka panjang, menurut saya adsense lebih menjanjikan.

      Reply
    • October 19, 2016 at 19:11
      Permalink

      Yang online pernah kaos, toys, buku sama gadget Yo

      Reply
    • November 25, 2016 at 10:26
      Permalink

      Coba aja mbak. Kalo mau lebih besar hasilnya, saran saya bikin lebih dari 1 akun, hehehe.

      Reply
    • November 25, 2016 at 10:27
      Permalink

      Sama-sama mbak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *