Yuk, Berwisata ke 7 Candi Eksotis di Yogyakarta Ini

Berwisata ke kota gudeg, Yogyakarta, rasanya belum lengkap bila kamu belum singgah dan menjelajahi lokasi-lokasi candi yang bersejarah. Setiap candi memiliki cerita sejarahnya tersendiri, selain itu arsitektur dari bangunan cantik-candi tersebut juga memiliki relief indah dan menggambarkan perjuangan juga keagungan kerajaan pada masa itu. Hal itulah yang membuat banyak wisatawan, baik domestik ataupun wisatawan mancanegara penasaran dan ingin melihat langsung keindahan bangunan yang merupakan tujuh keajaiban dunia ini.

Jika melihat struktur dari bangunan candi yang hanya berupa tumpukan batu, sungguh tidak terbayang bagaimana orang-orang zaman dulu dengan segala keterbatasannya, mampu membangun candi-candi indah dengan hanya menggunakan batu alam yang sangat berat dengan peralatan seadanya. Candi Prambanan merupakan salah satu candi paling terkenal di Yogyakarta, dan tahu gak, selain candi Prambanan, terdapat banyak situs candi lainnya yang ternyata tidak kalah indahnya? Penasaran? Berikut  7 wisata candi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi:

1. Candi Ijo

Candi Eksotis Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta (jelajahjogja.com)

Meskipun namanya Candi Ijo (hijau) namun jangan salah sangka, sama seperti candi-candi lainnya, Candi Ijo bewarna hitam karena terbuat dari batuan alam. Letak candi ini berada sekitar 18 km sebelah timur kota Jogja dan merupakan candi peninggalan dari kerajaan Mataram kuno. Nama Ijo berasal dari nama bukit letak candi ini berdiri, Candi Ijo sendiri merupakan nama untuk komplek candi yang terletak di atas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.  Saat memasuki pintu gerbang area candi ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah mulut raksasa berbadan naga.

2. Candi Prambanan

Candi Eksotis di Yogyakarta: Prambanan
Candi Prambanan (religioner.no)

Candi Prambanan merupakan lokasi candi paling favorit primadona para wisatawan asing. Candi Prambanan atau yang dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang, merupakan sebuah bangunan candi yang konon, pembuatan candi ini berkaitan dengan kisah cinta Bandung Bondowoso yang bertepuk sebelah tangan kepada Putri Roro Jonggrang.

Komplek Candi ini berada di Desa Prambanan dengan mempunyai 3 candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa, ketiga candi ini pun dikelilingi oleh 2 candi apit: 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Dan total dari seluruh candi yang ada di kompleks ini berjumlah sekitar 224 buah. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan suasana seperti sedang berada di dalam kerajaan hindu kuno. Candi yang sudah dibangun sejak abad 850 M ini, memiliki struktur bangunan yang menjulang ke atas, yang merupakan simbol dari kepercayaan agama Hindu.

3. Candi Kalasan

Candi Eksotis di Yogyakarta (Kalasan)
Candi Kalasan (ceritaanda.viva.co.id)

Candi Buddha yang terdapat di Yogyakarta salah satunya adalah Candi Kalasan. Candi ini terletak di desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman. Candi ini terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian bawah (kaki candi), tubuh candi dan atap candi. Di setiap pintu masuk sisi utara dan selatan terdapat hiasan kali,  dan pada bagian jengger candi terdapat kuncup-kuncup bunga, daun-daunan dan sulur-suluran. Sedangkan di bagian atas candi terdapat lukisan berupa awan beserta penghuni khayangan, dimana lukisan tersebut menggambarkan sebuah aktivitas bermain musik, ada yang sedang memainkan alat musik gendang, rebab, kerang dan camara. Untuk bagian atapnya, terdapat sebuah kubus yang dianggap sebagai puncak gunung Semeru.

Klik ini dong:  Panduan Penggunaan Raket Nyamuk dan Tips Memilih yang Tepat

4. Candi Sewu

Candi Eksotis di Yogyakarta: Sewu
Candi Sewu (pinterest.com)

Candi Sewu terletak di lembah Prambanan yang membentang mulai dari lereng selatan Gunung Merapi di utara, sampai pegunungan Sewu di sekitar perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Akibat gempa pada tahun 2006 silam, Candi Sewu mengalami kerusakan, dan meskipun terdapat sedikit kerusakan, candi ini tetap terlihat menawan. Kompleks area candi ini memiliki sekitar 257 candi dengan satu candi utama, 8 candi pengapit dan sisanya merupakan candi pewarta. Candi Sewu juga merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia, setelah candi Borobudur.

5. Candi Plaosan

Candi Eksotis di Yogyakarta: Plaosan
Candi Plaosan (justgola.com)

Letak candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Area Candi Plaosan memiliki dua kompleks, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul, relief candi yang ada di Plaosan Kidul menggambarkan tentang laki-laki, sedangkan Plaosan Lor menggambarkan tentang wanita. Keistimewaan lain yang dimiliki Candi Plaosan adalah, di bagian belakang candi terdapat sebuah pohon bodhi dan altar yang dikelilingi oleh patung Buddha. Hingga saat ini, altar tersebut masih digunakan untuk ritual keagamaan para umat Buddha.

Tidak hanya bentuknya saja yang cantik, candi Plaosan akan terlihat semakin anggun saat disinari oleh cahaya matahari terbit. Jika ingin melihat keindahannya, kamu bisa berkunjung ke tempat ini sebelum matahari terbit, menikmati keindahan matahari yang baru muncul ke permukaan, sambil melihat panorama candi yang luar biasa indah, pastinya menjadikan suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. 

6. Candi Ratu Boko

Candi Eksotis di Yogyakarta: Candi Boko
Candi Boko (bolehtanya.com)

Letaknya berada di sebelah selatan Candi Prambanan, kompleks candi ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan bentuknya berbeda dengan candi-candi lainnya. Jika dilihat sekilas, bangunan candi ini terlihat lebih mirip seperti bangunan keraton. Jika Candi Plaosan adalah lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan matahari terbit, maka di tempat ini kamu bisa menyaksikan sunset yang menawan.

7. Candi Sambisari

Candi Eksotis di Yogyakarta: Sambisari
Candi Sambisari (bakpiamutiarajogja.com)

Letak Candi Sambisari berada sekitar 12 km ke arah timur Kota Yogyakarta, atau 4 km sebelum Candi Prambanan. Candi yang satu ini merupakan situs bersejarah yang berada sekitar 6.5 meter di  bawah tanah. Selain candi utama, para turis juga bisa melihat 3 candi pendamping dan tembok di bagian luar candi. Kamu juga bisa masuk ke dalam dan menyusuri setiap detail candi, yang pada awalnya terkubur di dalam tanah! Candi berbentuk unik ini diperkirakan sudah ada sejak 812-838 M.

Setiap bangunan candi memiliki cerita sejarahnya tersendiri, dan tentunya memiliki daya tarik yang mampu memikat mata para pengunjung yang datang. Setelah lelah mengitari semua candi-candi indah di atas, saatnya mencari hotel di Yogyakarta Tidak perlu khawatir akan kehabisan kamar, karena kini, cari hotel di Jogja hingga melakukan booking dan pemesanan, bisa dilakukan melalui situs reservasi.com. Selamat berlibur!

3 thoughts on “Yuk, Berwisata ke 7 Candi Eksotis di Yogyakarta Ini

    • September 6, 2017 at 11:43
      Permalink

      Dan candinya eksotis semua

      Reply
  • September 7, 2017 at 10:39
    Permalink

    Kalau muterin semua candi itu gak butuh sehari ya hiks.
    Pdhl kalau ke yogya paling banter 3 malam aja 🙁
    Btw TFS info candinya mas, aku blm pernah ke sana #melas 😛

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *