Sudah Siapkah Kamu Berburu 9 Amalan Sunnah Idul Adha Ini?

Hari raya Idul Adha merupakan hari besar umat islam yang penuh berkah dimana orang-orang mengumandangkan takbir sepanjang malam. Takbir yang bergemuruh di seluruh belahan dunia membuat hati bergetar dan tak lupa untuk senantiasa mengingat keagungan Allah swt.  Disitulah umat islam dapat menjalankan Sunnah dengan mengumandangkan takbir sepanjang malam hingga matahari terbit pada esok harinya menjelang solat Sunnah Idul Adha.

Tidak hanya itu, masih banyak amalan-amalan Sunnah yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi Hari Raya Idul Adha. Dengan menjalankan amalan sunnah tersebut, kamu akan mendapatkan pahala dan balasan rezeki tiada dari Allah. Berikut 9 Amalan-Amalan Sunnah Sebelum Idul Adha yang bisa kamu lakukan.

1. Puasa Arafah

Sebelum merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, kamu bisa melakukan amalan Sunnah yakni menjalankan puasa Sunnah Arafah. Puasa Arafah ini tepat dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah, tepat saat jamaah haji sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah. Kamu harus memaksimalkan ibadah Sunnah ini dengan menjalankan solat Sunnah, zikir, tilawah dan amalan baik lainnya.

2. Melafalkan Takbir, Tahlil dan Tahmid

Disunnahkan untuk membaca takbir dari dimulainya waktu subuh hari arafah hingga berakhirnya hari tasyriq. Bertakbir tidak hanya dilakukan oleh muadzin-muadzin di masjid, melainkan juga pribadi-pribadi boleh mengumandangkan takbir sejak keluar rumah menuju tempat solat hingga solat Ied akan didirikan.

3. Mandi & Berhias sebelum Solat Ied

Dalam ilmu fiqih, mandi adalah membasahi semua anggota tubuh dari ujung kaki hingga ujung rambut seperti mandi jinabat dan kemudian memakai wewangian. Dianjurkan juga untuk menyempurnakan kebersihan anggota lainnya seperti mencukur bulu ketiak dan memotong kuku. Kamu juga dianjurkan untuk berhias dengan memakai pakaian terbaik yang kamu miliki.

Mitos Mandi Malam Hari
reece.com.au

4. Tidak Makan Sebelum Solat Ied

Kalau mau dapat pahala lebih, kamu dianjurkan makan setelah solat Ied karena mengacu kepada sabda Nabi Muhammad bahwa Nabi Muhammad tidak berangkat solat idul fitri kecuali makan dahulu dan beliau tidak makan pada hari raya Idul Adha melainkan setelah solat Ied.

5. Berbeda Jalan Pergi dan Pulang

Disunnahkan untuk memilih jalan pergi dan pulang berbeda saat menunaikan solat Ied.

6. Sholat Ied di tanah lapang

Yang utama dari melaksanakan solat Id adalah melaksanakan di tanah lapang, kecuali jika ada uzur seperti hujan.

Klik ini dong:  Film 3: Sholatlah Sebelum Sholat Itu Dilarang

7. Solat Dua Rakaat Ketika Sampai Rumah

Abi Sa’id Al Khudri mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw tidak mendirikan solat apapun sebelum ied dan apabila telah kembali ke rumah maka beliau mendirikan solat dua rakaat. Hal ini berarti Nabi tidak solat sebelum solat Ied, karena solat Ied dilaksanakan di lapangan sehingga tidak ada solat tahiyatul masjid. Sedangkan jika melaksanakan solat Ied di masjid, maka disunnahkan untuk solat tahiyatul masjid.

8. Hadir Solat Idul Adha

Solat Ied ini sangat dianjurkan bagi pria dan wanita. Bagi wanita yang lagi dalam masa haid, kamu tetap bisa datang dan menyaksikan kebaikan dan berdoa bersama bagi kaum muslimin.

9. Menyembelih Hewan Kurban

Bagi kamu yang mampu, diwajibkan untuk menyembelih hewan Qurban, bisa berupa domba, kambing, sapi, unta dan lainnya. Kamu bisa menyembelih hewan qurban setelah solat Ied hingga 3 hari setelahnya atau disebut hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah).

Amalan Sunnah Idul Adha
merdeka.com

Itu dia 9 Amalan Sunnah yang bisa kamu lakukan sebelum dan sesudah perayaan hari raya Idul Adha. Buat kamu yang ingin berkurban namun tidak memiliki waktu atau tidak ada lahan untuk menyembelih, kamu bisa berkurban online dengan membeli hewan qurban seperti kambing, sapi dan unta di Bukalapak.

Di Musim 2016, Bukalapak kembali memberikan promo hewan kurban yang bekerja sama dengan ACT dan Global Quran akan mendistribusikan hewan Qurban 2016, yang bisa Anda beli di Bukalapak untuk dikirimkan ke daerah-daerah yang membutuhkan sepeti Libanon, Palestina, Papua dan masih banyak lagi. Kamu akan mendapatkan sertifikat Pengkurban dan mendapatkan laporan langsung mengenai hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih. Jadi tunggu apalagi? Yuk berkurban online dengan membeli hewan Qurban di Bukalapak!

2 thoughts on “Sudah Siapkah Kamu Berburu 9 Amalan Sunnah Idul Adha Ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *