Tips Merawat Buku Supaya Tahan Sepanjang Masa

Buku adalah jendela dunia yang isinya berisi ilmu yang sangat banyak sekali. Dari ilmu pengetahuan, ilmu khusus, ilmu umum, dan hal-hal lainnya. Karena manfaatnya yang sangat banyak dan bisa digunakan untuk waktu yang sangat lama. Maka perlu dijaga dan dirawat. Karena tak bisa dipungkiri, benda satu ini sangat mudah rusak. Namun disini ada beberapa cara untuk merawatnya dengan mudah. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

Lindungi buku dengan sampul

Untuk melindungi benda ini agar tak mudah rusak dan tak mudah sobek. Sebaiknya gunakan sampul pada bagian depannya. Sampul bisa berupa plastik putih, kertas kado, kertas manila, kertas koran, dan hal-hal lainnya. Ini berfungsi supaya permukaan yang ada, dan tergores pada sesuatu. Tidak menggores di permukaan sampul aslinya. Sehingga masih dalam bentuk bagus, dan bisa awet tahan lama. 

Buku Populer
facebook.com/gusnuk

Gunakan pembatas halaman

Kesalahan banyak orang saat membaca suatu novel atau cerita, dan pengetahuan yang ada di dalam bacaan tersebut. Seringkali melipat halaman atau mencoret halaman supaya Anda sebagai pembaca dapat mudah teringat dan dengan mudahnya melanjutkan isi bacaan. Namun apakah efek sampingnya saat berpengaruh? Jelas sangat berpengaruh. Kertas menjadi menekuk dan memiliki bekas. Untuk itu gunakan pembatas halaman jika Anda sedang membaca. Pembatas halaman memudahkan pembaca untuk menemukan halaman sebelumnya, dan tidak merusak kertas. Pembatas halaman bisa dibeli di toko-toko dengan harga yang cukup murah. Namun Anda juga bisa menggunakan sesuatu yang rata dan tipis untuk membatasi halaman. 

Simpan buku di rak

Jika sudah selesai membaca atau selesai menulis, sebaiknya taruh di dalam rak khusus. Jangan pernah mencampurkan dengan barang lainnya, seperti pakaian, sepatu, atau barang lainnya. Karena akan membuat bentuknya bisa menjadi berubah. Untuk itu taruhlah buku di dalam rak yang memang khusus dibuat, dan sering dianginkan. 

Susun dengan cara berdiri

Mungkin Anda sering melihat penataan benda ini ditata di dalam rak dengan model horizontal atau melainkan ditidurkan. Sebenarnya cara tersebut adalah cara yang salah untuk dilakukan. Karena benda tersebut jika ditumpuk keatas, yang paling berada di bawah akan menahan beban terlalu banyak. Dan membuatnya menjadi rusak dan tak bagus lagi. Jika ditata dengan posisi vertikal atau berdiri, maka tidak akan ada beban yang ditanggung. 

Taruh kamper di rak buku

Sudah sangat wajar sekali apabila di lemari atau disuatu ruangan tertutup. Jamur, kuman, dan bakteri yang mencoba untuk tumbuh menimbulkan bau. Untuk kasus rak yang diisi oleh banyak bacaan memang sebaiknya menggunakan kamper untuk pengusir kuman dan bau tak sedap. Sebab jika hal ini dibiarkan, maka akan membuat kertas dan sampulnya menjadi berbau apek dan bercak jamur yang tak jelas. Dengan adanya kamper, semuanya akan terbunuh dengan mudahnya. Dan aroma udara yang ada di lemari pun menjadi wangi dan segar. Sehingga kertasnya juga menjadi wangi dan semakin semangat untuk membaca dan menulis. 

Rak Buku Floating
bukalapak.com

Hindarkan buku dari paparan sinar matahari

Tempatkan rak di tempat yang memiliki angin cukup, dan memiliki cahaya yang cukup. Sehingga sebaiknya rak ditaruh dibawah lampu, atau di dalam lemari bisa ditaruh lampu dengan skala kecil dan sinar yang paling kecil. Hal ini berguna untuk membatasi hewan ngengat yang mencoba mendekat dan merusak kertas. Akan tetapi jangan pernah berpikiran untuk menempatkan di bawah sinar matahari langsung. Karena sinar yang terlalu panas dan banyak, membuat buku menjadi menguning dan bergelombang tak karuan.

Demikianlah tips merawat buku agar tahan lama dan awet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *