Hati-hati Memilih Bedak Bayi, Waspadai Zat Kimia yang Bisa Sebabkan Iritasi

Memiliki bayi tentu adalah hal yang terindah bagi setiap orangtua. Keindahan yang akan membuat setiap orangtua mau berkorban apa saja demi menjaga dan melindunginya. Bagi para orangtua, tak hanya masalah makanan saja, namun perawatan untuk kulit bayi juga harusnya dipilih secara benar. Salah satu yang menjadi perhatian adalah dalam memilih bedak bayi.

Tentu kamu sudah tahu jika kulit bayi sangatlah halus dan cenderung sensitif sehingga jika para orangtua ingin mengaplikasikan berbagai macam produk perawatan kulit, maka harus lebih selektif dalam memilih. Abai dalam hal ini berisiko menimbulkan masalah cukup serius pada kulit bayi.

Kulit bayi masih amat sensitif dan tentunya berbeda dengan kulit orang dewasa. Mungkin kamu berharap jika semua produk khusus bayi akan bisa memberikan hasil yang efektif dan maksimal untuk si kecil tanpa efek samping. Namun ternyata tidak selalu demikian karena banyak juga produk bayi masa kini yang mengandung zat kimia aneh serta mampu menimbulkan iritasi serta alergi. Contohnya bahan pewangi, bahan deterjen dan bahan kimia lain.

Masalah Kulit Bayi
nakita.grid.id

Masalah Pada Kulit Bayi

Pada dasarnya masalah pada kulit bayi tidak selalu berbahaya. Berikut ini beberapa masalah kulit umum pada bayi:

  • Ruam popok

Kondisi ruam ini sangat umum muncul pada bayi dimana membuat kulit bayi merah, bersisik dan terasa perih sehingga bayi akan kerap menangis dan rewel. Ruam popok ini biasanya dikarenakan iritasi, infeksi bakteri hingga jamur serta alergi. Ada baiknya jika popok bayi sudah basah untuk segera diganti dan tidak didiamkan karena hal ini memicu ruam popok.

  • Biang keringat

Ruam kecil dan gatal ini kerap memberikan sensasi menusuk di kulit. umumnya hal ini terjadi karena suhu panas hingga udara lembab. Pada bayi biang keringat banyak muncul di leher, wajah, punggung hingga dada. biasanya bedak bayi khusus untuk mengatasi biang keringat banyak tersedia di apotek.

  • Eksim

Masalah kulit selanjutnya adalah eksim dimana keluhan ini kerapkali membuat kulit menjadi luka jika si kecil menggaruk. Cirinya hampir sama mulai dari ruam dan juga gatal. Kebanyakan kondisi ini adalah pada anak yang memiliki riwayat keluarga asma hingga eksim atau bahkan terkena asap rokok.

Klik ini dong:  Sudah Siapkah Kamu Berburu 9 Amalan Sunnah Idul Adha Ini?

Tips Perawatan Kulit Sensitif Bayi

Memang bukan masalah yang serius, namun tentu saja akan mengganggu kenyamanan si kecil sehingga dia akan sering rewel. Untuk itu berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam perawatan kulit sensitif bayi:

  • Mandikan bayi dengan teratur

Anda bisa memandikannya hanya 2 hingga 3 kali per minggu dengan memakai air hangat.

  • Gantilah popok bayi dengan teratur

Teraturlah mengganti popok bayi, jangan menunda sampai terlalu penuh. Kemudian bersihkan dengan lembut di bagian bokong bayi memakai tisu bayi. Pastikan selalu memilih popok yang bebas dari pewangi dan juga berukuran pas sehingga tidak menimbulkan gesekan hingga lecet di kulit bayi.

Rutin Mengganti Popok Bayi
tigakali.com
  • Pakai produk aman khusus bayi

Produk yang aman misalnya bebas paraben dan pewangi dimana kedua bahan tersebut adalah bahan yang kerapkali menimbulkan masalah bagi kulit si kecil. Pada dasarnya pemakaian bedak bayi diperbolehkan menurut para ahli, namun ada baiknya jika Anda memilih bedak dengan kandungan bebas talk dan pati jagung karena kedua hal ini bisa menimbulkan masalah pada si kecil.

Kini sudah tersedia banyak sekali bedak khusus bayi dengan formula yang aman dan dijual bebas di toko online sehingga Anda bisa lebih mudah menemukannya. Harga bedak khusus bayi ini pun tidak mahal sehingga sangat terjangkau untuk siapapun juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *